Kamis, 23 September 2010

Barrabravas, Hooligan From Argentina

Argentina punya kelompok suporter yg menurut sebagian orang paling militan dan brutal di dunia, mereka menamakan diri nya BARRABRAVAS.hooligan khas argentina.

Bagi BARRABRAVAS membunuh suporter lawan dan berkelahi dengan sesama suporter klub sendiri adalah hal yang biasa. Agak aneh memang.yg luar biasa tawuran antar sesama dr satu klub,contoh sesama suporter River Plate atau sesama geng BARRABRAVAS Boca Junior (paling sering di argentina).

BARRABRAVAS secara harfiah berasal dari bahasa spanyol yang bisa diartikan pendukung fanatik, geng BARRABRAVAS paling terkenal tentunya dari kelompok pendukung klub River Plate (borrachos del tablon dan Los Banda del Oeste),juga dari kelompok pendukung klub Boca Junior (La Doce) yang merupakan rivalitas terbesar di argentina.

Seperti dilansir dalam suatu laporan oleh The New York Times bahwa Sejak 1939 sudah lebih dr 200 orang meregang nyawa akibat kebrutalan geng bernama BARRABRAVAS, itu belum terhitung korban luka dan cacat tentunya.

Uniknya sangat sulit membubarkan BARRABRAVAS ini,karena para bandit stadion ini kerap dipakai sebagai alat penarik massa untuk kepentingan politis oleh para pemimpin politik di argentina,jadi kaya diam-diam di pelihara.

BARRABRAVAS ini juga kerap mendapat dukungan dari para pengurus klub-klub di argentina seperti river,boca,rosario,independiente,velez,estudientes,racing,argentinos junior,dll meski dukungan itu tidak diperlihatkan secara terang-terangan.

Musuh utama kelompok river plate adalah geng BARRABRAVAS Boca Junior yg bernama La Doce,pemimpinnya Rafael Di Zeo adalah selebritis di argentina,dia tenar karena kebringgasannya dalam memimpin genk BARRABRAVAS kebanggan suporter Boca ini. Banyak orang di argentina mengidolai tokoh yang bertahun-tahun menjadi buronan polisi setempat karena berbagai tindakan sadis nya,diantara nya pembunuhan suporter lawan.beberapa tahun yang lalu di Zeo menyerahkan diri kepada kepolisian,atas tindakan-tindakan kriminal yg dilakukan sebelumnya,namun di zeo mengelak dikatakan dia menyerahkan diri karena takut,dia menyerahkan diri hanya untuk membuktikan pada kepolisian bahwa kalau dia di penjara akan banyak terjadi pertumpahan darah antar suporter.

Ketenaran sang good father BARRABRAVAS ini semakin menjadi sorotan ketika dua bintang utama Boca Junior, Martin Palermo dan Rodrigo Palacios menjenguk Di Zeo dan anak buah nya dipenjara,foto-foto dan berita kunjugan ini sontak menjadi headlines surat-surat kabar di Argentina.Kedekatan-kedekatan seperti ini adalah hal yang biasa disana,hanya saja pihak Klub sering tidak mengakui nya dengan alasan pencitraan.para BARRABRAVAS ini di butuhkan klub selain untuk dukungan kepada klub itu sendiri juga karena para geng ini siap untuk bersikap kejam kepada pemain atau pengurus klub sendiri jika mereka tidak setuju atau marah.

Peristiwa menarik terjadi beberapa tahun lalu,ketika terjadi kerusahan diantara sesama pendukung klub River Plate (Borrachos del Tablon),mereka saling tawuran diantara mereka sendiri untuk saling berebut tampuk pimpinan geng itu,pertumpahan darah sesama yang terjadi di sekitar stadion monumental (homebase river) membuat sang presiden klub di tegur keras oleh parlemen Argentina,Jose Maria Aguilar sang presiden menjelaskan tidak tahu menahu akan kejadian tersebut,fakta nya dalam satu penggeledahan di stadion monumental,polisi menemukan disalah satu ruang rahasia senjata-senjata tajam,pistol lengkap dengan amunisi,mercon dan alat-alat bahaya lain nya, kembali tidak satu pun pengurus klub River Plate yang mengakui nya.

Tapi paling tidak dari fakta itu dapat disimpulkan bahwa dari ruang senjata stadion monumental itulah awal dari tewas nya dua orang suporter Boca Junior pada awal tahun 2000an, dimana saat itu River sebagai tuan rumah takluk dari Boca dengan skor 0-2, keesokan hari nya dua suporter Boca di temukan dalam ke adaan tidak bernyawa,dan di salah satu tembok di sudut kota Beunos Aires tertulis dengan darah RIVER 2 - BOCA 2, Sadissss!!

So kall publik awam berpikir hooligan adalah kelompok suporter paling brutal layak nya film Green Street Hooligan,maka itu salah,mereka harus merasakan bagaimana rasa weekend di daerah paling ganas dikota Beunos Aires,ESTADIO LA BOMBONERA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar